Jumat, 04 September 2009
Materi Kuliah PBS " Semantik"
Pengertian Semantik
Semantik dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Yunani ‘sema’ (kata benda) yang
berarti ‘tanda’ atau ‘lambang’. Kata kerjanya adalah ‘semaino’ yang berarti ‘menandai’atau
‘melambangkan’. Yang dimaksud tanda atau lambang disini adalah tanda-tanda linguistik
(Perancis : signé linguistique).
Menurut Ferdinan de Saussure (1966), tanda lingustik terdiri dari :
1) Komponen yang menggantikan, yang berwujud bunyi bahasa.
2) Komponen yang diartikan atau makna dari komopnen pertama.
Kedua komponen ini adalah tanda atau lambang, dan sedangkan yang ditandai atau
dilambangkan adaah sesuatu yang berada di luar bahasa, atau yang lazim disebut sebagai referent
/ acuan / hal yang ditunjuk.
Jadi, Ilmu Semantik adalah :
Ilmu yang mempelajari hubungan antara tanda-tanda linguistik dengan hal-hal yang
ditandainya.
Ilmu tentang makna atau arti.
A. Batasan Ilmu Semantik
Istilah Semantik lebih umum digunakan dalam studi ingustik daripada istilah untuk ilmu
makna lainnya,seperti Semiotika, semiologi, semasiologi,sememik, dan semik. Ini dikarenakan
istilah-istilah yang lainnya itu mempunyai cakupan objek yang cukup luas,yakni mencakup
makna tanda atau lambang pada umumnya. Termasuk tanda lalulintas, morse, tanda matematika,
dan juga tanda-tanda yang lain sedangkan batasan cakupan dari semantik adalah makna atau
arti yang berkenaan dengan bahasa sebagai alat komunikasi verbal.
B. Hubungan Semantik dengan Tataran Ilmu Sosial lain
Berlainan dengan tataran analisis bahasa lain, semantik adalah cabang imu linguistik
yang memiliki hubungan dengan Imu Sosial, seperti sosiologi dan antropologi. Bahkan juga
dengan filsafat dan psikologi.
1
1. Semantik dan Sosiologi
Semantik berhubungan dengan sosiologi dikarenakan seringnya dijumpai kenyataan
bahwa penggunaan kata tertentu untuk mengatakan sesuatu dapat menandai identitas
kelompok penuturnya.
Contohnya :
Penggunaan / pemilihan kata ‘cewek’ atau ‘wanita’, akan dapat menunjukkan
identitas kelompok penuturnya.
Kata ‘cewek’ identik dengan kelompok anak muda, sedangkan kata ‘wanita’ terkesan
lebih sopan, dan identik dengan kelompok orang tua yang mengedepankan
kesopanan.
2. Semantik dan Antropologi.
Semantik dianggap berkepentingan dengan antropologi dikarenakan analisis makna pada
sebuah bahasa, menalui pilihan kata yang dipakai penuturnya, akan dapat menjanjikan
klasifikasi praktis tentang kehidupan budaya penuturnya.
Contohnya :
Penggunaan / pemilihan kata ‘ngelih’ atau ‘lesu’ yang sama-sama berarti ‘lapar’ dapat
mencerminkan budaya penuturnya.
Karena kata ‘ngelih’ adalah sebutan untuk ‘lapar’ bagi masyarakat Jogjakarta.
Sedangkan kata ‘lesu’ adalah sebutan untuk ‘lapar’ bagi masyarakat daerah Jombang.
C. Analisis Semantik
Dalam analisis semantik, bahasa bersifat unik dan memiliki hubungan yang erat dengan
budaya masyarakat penuturnya. Maka, suatu hasil analisis pada suatu bahasa, tidak dapat
digunakan untuk menganalisi bahasa lain.
Contohnya penutur bahasa Inggris yang menggunakan kata ‘rice’ pada bahasa Inggris
yang mewakili nasi, beras, gabah dan padi.
Kata ‘rice’ akan memiliki makna yang berbeda dalam masing-masing konteks yang
berbeda. Dapat bermakna nasi, beras, gabah, atau padi.
2
Tentu saja penutur bahasa Inggris hanya mengenal ‘rice’ untuk menyebut nasi, beras,
gabah, dan padi. Itu dikarenakan mereka tidak memiliki budaya mengolah padi, gabah, beras dan
nasi, seperti bangsa Indonesia.
Kesulitan lain dalam menganalisis makna adalah adanya kenyataan bahwa tidak selalu
penanda dan referent-nya memiliki hubungan satu lawan satu. Yang artinya, setiap tanda
lingustik tidak selalu hanya memiliki satu makna.
Adakalanya, satu tanda lingustik memiliki dua acuan atau lebih. Dan sebaliknya, dua
tanda lingustik, dapat memiliki satu acuan yang sama.
Hubungan tersebut dapat digambarkan dengan contoh-contoh berikut :
Bisa ‘racun’
‘dapat’
buku ‘lembar kertas berjilid’
kitab
3
Jenis Semantik
Semantik memiliki memiliki objek studi makna dalam keseluruhan semantika bahasa,
namun tidak semua tataran bahasa memiliki masalah semantik.
Hal itu dapat dilihat dari bagan berikut :
Fungsi (o semantik)
Tata bahasa
(gramatika) sintaksis kategori
Peran semantik gramatika
morfologi
fonologi (o semantik); tetapi tiap fonem membedakan
(fonemik) makna
Fonetik (o semantik)
Leksikon semantik leksikal
Tataran tata bahasa atau gramatika dibagi menjadi dua subtataran, yaitu morfologi dan
sintaksis.
Morfologi adalah cabang lnguistik yang mempelajari struktur intern kata, serta proses
pembentukannya. Satuan dari morfologi yaitu morfem dan kata.
Contoh :
Ajar pe-lajar
be-lajar pe- dan be- dapat membedakan makna
4
Sedangkan sintaksis, adalah studi mengenai hubungan kata dengan kata dalam
membentuk satuan yang lebih besar, yaitu frase, klausa, dan kalimat. Sintaksis memiliki satuan
yaitu kata, frase, klausa, dan kalimat.
Semantik sintaktikal memiliki tataran bawahan yang disebut :
a) Fungsi gramatikal
b) Kategori gramatikal
c) Peran gramatikal
Contoh analisis semantik sintaktikal :
Kata
Fungsi Si Udin menjaga adiknya di rumah sakit
fungsi subjek predikat objek keterangan
kategori nomina verba nomina nomina
peran agent benefaktif patient locative
Satuan dan proses dari morfologi dan sintaktik memiliki makna. Oleh karena itu, pada
tataran ini ada masalah-masalah semantik yang disebut semantik gramatikal karena objek
studinya adalah makna-makna gramatikal dari tataran tersebut.
Kalau yang menjadi objek penyelidikan adalah semantik leksikon, maka jenis
semantiknya adalah semantik leksikal. Semantik leksikal menyelidiki makna yang ada pada
leksem dari bahasa. Oleh karena itu, makna yang ada dalam leksem disebut makna leksikal.
Leksem adalah satuan-bahasa bermakna. Istilah leksem ini dapat dipadankan dengan
istlah kata, yang lazim digunakan dalam studi morfologi dan sintaksis,dan yang lazim
didefiinisikan sebagai satuan gramatik bebas terkecil. Baik kata tunggal maupun kompositum
Contoh :
Kambing nama hewan
Hitam jenis warna
Kambing hitam ‘orang yang dipersalahkan’
Manfaat Semantik
5
1. Bagi seorang wartawan, reporter, atau orang-orang yang berkecimpung dalam dunia
persuratkabaran dan pemberitaan :
Mereka akan memperoleh manfaat praktis dari pengetahuan mengenai
semantik,yang dapat memudahkan dalam memilih dan menggunakan kata dengan makna
yang tepat dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.
2. Bagi peneliti bahasa :
Bagi pelajar sastra, pengetahuan semantik akan banyak member bekal teoritis
untuk menganalisis bahasa yang sedang dipelajari.
Sedangkan bagi pengajar sastra, pengetahuan semantik akan member manfaat
teoritis, maupun praktis. Secara teoritis, teori-teori semantik akan membantu dalam
memahami dengan lebih baik bahasa yang akan diajarkannya. Dan manfaat praktisnya
adalah kemudahan untuk mengajarkannya.
3. Bagi orang awam :
Pemakaian dasar-dasar semantik tentunya masih diperlukan untuk dapat
memahami dunia yang penuh dengan informasi dan lalu-lintas kebahasaan yang terus
berkembang.
Semantik Dalam Studi Linguistik
1. Aristoteles (384 – 322 SM)
Kata adalah satuan terkecil yang mengandung makna. Yaitu (1) makna yang hadir
dari kata itu sendiri secara otonom (makna leksikal), dan (2) makna yang hadir akibat
proses gramatika (makna gramatikal). (Ullman 1977:3)
2. Plato (429 – 347 SM)
Bunyi-bunyi bahasa secara implicit mengandung makna tertentu.
Memang ada perbedaan pendapat antara Plato dan Aristoteles. Pato mempercayai tentang
adanya hubungan berarti antara kata (bunyi-bunyi bahasa) dengan referent-nya. Sedangkan
Aristoteles, berpendapat bahwa hubungan antara bentuk dan arti kata adalah soal perjanjian
antar pemakainya (Moulton 1976 : 3).
6
3. C. Chr. Reisig (1825)
Konsep baru mengenai gramatika :
Gramatika terdiri dari tiga unsure utama, yaitu :
a) Semasiologi – studi tentang tanda
b) Sintaksis – studi tentang susunan kalimat
c) Etimologi – studi tentang asal usul kata,perubahan bentuk kata, dan perubahan
makna
4. Michel Breal (akhir abad XIX)
Dalam karangannya, Essai de Semantique, telah menggunakan istilah semantik.
Dan menyebutnya sebagai suatu bidang ilmu yang baru.
5. Ferdinand de Saussure
Dalam bukunya Cours de Linguistique Generale (1916).
“studi lingustik harus difokuskan pada keberadaan bahasa pada waktu tertentu.
Pendekatannya harus sinkronis, dan studinya harus deskriptif”.
De Saussure juga mengajukan konsep signé (tanda) untuk menunjukkan
hubungan antara signifié (yang ditandai) dan signifiant (yang menandai).
Signifié adalah makna atau konsep dari signifiant yang berwujud bunyi-bunyi
bahasa.
Signifié dan signifiant sebagai signé linguistique adalah satu kesatuan yang
merujukpada satu referent. Yaitu sesuatu, berupa benda atau hal yang dikuar bahasa.
7
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar