Sabtu, 06 Juli 2013

Jumat Terakhir Sebelum Ramadan, Warga Sumenep Banyak Ziarah Kubur


Sumenep, Lintas Madura (05/07/2013)- Beberapa hari menjelang bulan Ramadan, masyarakat Madura khususnya Sumenep banyak yang berziarah ke makam para leluhur mereka baik di pemakaman keluarga maupun pemakaman umum. Aktivitas ini telah mendarah daging dan begitu mentradisi di kalangan muslim Madura, terutama malam dan hari jumat terakhir sebelum bulan puasa tiba.

Mereka berbondong-bondong bersama sanak keluarganya menuju kompleks pemakaman untuk memanjatkan doa dengan membaca surah Yasin dan surah-surah pendek Al-Quran serta tahlil di makam para leluhurnya. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi semacam kewajiban yang bila ditinggalkan serasa ada yang kurang dalam melangkahkan kaki menyongsong puasa Ramadan.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat asal Kebunan Sumenep, Ustadz Hamzah, seakan masyarakat ada yang kurang kalau tidak ziarah dulu sebelum menjelang Ramadan. " ini sudah keyakinan kalau menjelang puasa harus ziarah dulu ke makam para leluhur dan makam wali, ya untuk mendoakan mereka para leluhur kita dan sekaligus berdoa akan keselamatan kita" jelasnya.

Ustad yang gaul ini juga menjelaskan bahwa bulan Sya'ban bagi orang Madura disebut juga bulan rebba atau kalau orang jawa bilang ruwah. " di bulan ini banyak orang "arebba" melakukan sedekah, biasanya tiap rumah itu bersedekah makanan ke tetangga dan kyai yang pahala sedekahnya dihaturkan pada para leluhur mereka yang telah wafat" jelasnya.(mam/lm)


Tidak ada komentar: